Home | Jurnal Banjarmasin | Pasokan Kebutuhan Pokok di Kalsel Aman Sampai Idul Fitri

Pasokan Kebutuhan Pokok di Kalsel Aman Sampai Idul Fitri

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pasokan sejumlah barang kebutuhan pokok di pasar tradisional di Kalimantan Selatan diklaim masih mencukupi hingga Idul Fitri mendatang, di antaranya beras, sayur mayur dan komoditas cabai.

Usai melaksanakan sidak ke sejumlah pasar di Banjarmasin beberapa waktu lalu, Kepala Dinas Perdagangan Kalimantan Selatan - Birhasani mengungkapkan, pasokan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat jelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri masih tergolong aman. Dimana mayoritas barang kebutuhan pokok merupakan hasil dari petani local, seperti beras dari kawasan kabupaten Banjar dan Barito Kuala, yang telah selesai memasuki masa panen. Hal ini menurutnya sangat berdampak positif bagi stabilitas harga di tingkat pedagang, untuk mengantisipasi lonjakan harga yang kerap terjadi akibat ulah para spekulan dan oknum pedagang, yang mengambil barang dari luar daerah.

Lebih lanjut Birhasani mengatakan, selain pasokan yang diyakini akan mencukupi tingginya permintaan masyarakat, harga sejumlah komoditas cabai juga mulai menunjukkan penurunan, kendati belum terlalu signifikan. Seperti cabai rawit jenis Hiyung dan Taji, yang termasuk komoditas cabai lokal di Kalimantan Selatan, yang dipasok dari Kabupaten Tapin dan Hulu Sungai Tengah, yang sebelumnya sempat menembus harga 130 hingga 160.000 Rupiah perkilogram, saat ini harganya telah berada di kisaran 100 hingga 120.000 Rupiah. (Ev)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in