Home | Jurnal Banjarmasin | Perpustakaan Anak Kembali dibuka

Perpustakaan Anak Kembali dibuka

By
Font size: Decrease font Enlarge font
Tumpukan buku di perpustakaan anak (13/04). Foto : Eva Tumpukan buku di perpustakaan anak (13/04). Foto : Eva

Untuk meningkatkan minat baca sejak usia dini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan kembali membuka ruang Perpustakaan Anak, di lantai dasar gedung tersebut. Menyusul masih rendahnya minat baca di kalangan masyarakat, yang rata-rata hanya berkisar di bawah 1 persen dari seribu jumlah penduduk.

Dalam peresmian ruang Perpustakaan Anak Hari ini (13/04), Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan - Nurliani Dardie mengungkapkan, pihaknya sengaja melakukan renovasi total pada ruangan tersebut, untuk menghilangkan kesan formal dan meningkatkan kenyamanan bagi pengunjung dari kalangan anak-anak. Sehingga diharapkan pengunjung dapat lebih nyaman dan betah, dengan kelengkapan fasilitas yang tersedia. Dimana sebelumnya ruangan seluas 15 kali 10 meter itu terkesan suram dan memerlukan perbaikan, baik dari dinding ruangan, rak buku, hingga koleksi buku-buku anak yang ada. Bahkan menurut Nurliani, pihaknya juga telah melakukan penyiangan buku-buku lama yang kondisinya sudah tidak layak, untuk mendapatkan perawatan maupun penggantian dengan buku-buku terbitan baru.

Ruangan Perpustakaan Khusus Anak di Gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan yang kembali dibuka, memiliki fasilitas yang cukup memadai untuk anak usia dini. Seperti koleksi ribuan buku cerita, Alat Permainan Edukatif - APE dari bahan ramah anak, komputer edukasi, dengan dekorasi ruangan yang disesuaikan dengan segmen pengunjung. Keberadaan ruangan ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh orangtua dan tenaga pendidik di TK maupun PAUD, dalam upaya meningkatkan minat baca sejak usia dini. (Ev) 

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in