Home | Jurnal Banjarmasin | Smartorial: Presiden Pilihan Kita

Smartorial: Presiden Pilihan Kita

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Rakyat telah menjatuhkan pilihan. Siapa presiden pilihan itu, telah kita ketahui bersama. Setidaknya dari hitung cepat yang dirilis berbagai lembaga survei, juga rekapitulasi dari semua provinsi, termasuk panitia pemilihan luar negeri yang telah rampung, hasilnya telah amat jelas. Kita pun tahu siapa presiden negeri ini untuk lima tahun ke depan. Tetapi akhir dari proses itu, tetap di tangan KPU. Apa pun keputusannya, yang diumumkan hari ini, 22 Juli 2014, sudah semestinya kita hormati.

Itulah proses demokrasi. Segala konsekuensi dari proses itu, mesti diterima dengan segenap kelapangan. Semua pihak mesti berjiwa besar menerima apa pun keputusan KPU. Yang kalah harus legowo, sebaliknya yang unggul tak boleh jumawa. Kita mesti yakin pemilu kali ini adalah pendidikan politik yang luar biasa berharga bagi rakyat. Proses demokrasi itu telah membuat rakyat melek, dan mendewasakan mereka dalam berpolitik. Betapa pun kerasnya sebuah dinamika politik, tetap harus ditempuh dengan cara-cara terhormat, bermartabat, sekaligus bertanggungjawab.

Soal kalah dan menang, pada akhirnya menjadi tak penting lagi. Setiap pihak mesti sadar dan paham bahwa kalah dan menang itu adalah konsekuensi dari sistem demokrasi, yang secara sadar kita pilih untuk membawa bangsa ini menuju kejayaan. Apalagi berbekal pada proses yang transparan selama ini, rasanya tidak perlu lagi ada ketegangan pada hari yang amat menentukan ini. Hari ini, sesungguhnya hanyalah formalitas belaka dari apa yang telah diketahui publik.

Transisi politik ini adalah proses yang biasa saja dalam demokrasi. Ini adalah pesta rakyat, pesta demokrasi yang semestinya pula dihadapi dengan segenap kegembiraan. Ingatlah, kita memiliki kewajiban dan kepentingan yang sama untuk mengamankan demokrasi, demi tercapainya cita-cita besar bangsa ini. Setelah tahapan ini selesai, kita kembali pada satu identitas yang sama, yaitu bangsa Indonesia.

Keberlangsungan pemilu yang aman dan damai ini adalah kemenangan kita. Keberhasilan transisi kekuasaan yang mulus ini adalah kemenangan seluruh rakyat negeri ini. Jadi siapa pun pemenangnya, mesti kita dukung bersama-sama, karena dia adalah presiden kita.

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

smartorial

Rate this article

0

Log in