Home | Jurnal Banjarmasin | Smartorial: Pengadilan Century

Smartorial: Pengadilan Century

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Vonis sepuluh tahun penjara untuk Budi Mulya, dalam perkara bailout Bank Century, menjadi isyarat terang bahwa kejahatan korupsi dalam kasus itu bukanlah tuduhan kosong belaka. KPK berhasil membuktikan bahwa ada motif jahat di balik penyelamatan bank itu. Jika majelis hakim menilai mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia itu tak memiliki itikad baik saat bersama-sama Dewan Gubernur Bank Indonesia lainnya menyetujui pemberian fasilitas pendanaan jangka pendek kepada bank Century dan menetapkan bank tersebut sebagai bank gagal berdampak sistemik, maka dia bukanlah satu-satunya pihak yang terlibat.

Jadi ada pihak lain, yang besar kemungkinannya, memiliki kekuatan lebih besar, katimbang Budi. Karena itulah, publik akan sangat berharap apabila vonis itu, menjadi bekal bagi KPK untuk membuka sandiwara sesungguhnya di balik bailout Bank Century. KPK harus pula mampu menguak aliran dana itu, yang diduga mengalir ke kantong orang-orang dekat di lingkar Istana. Bahkan ada pihak yang berani secara terang langsung menunjuk hidung pejabat negara, lembaga negara, lembaga swasta, partai politik, dan individu yang diduga menerima kucuran dana mulai dari Rp 10 miliar sampai Rp 700 miliar. Menguak aliran dana itulah tugas selanjutnya KPK.

Skandal Century adalah pekerjaan rumah yang harus segera dituntaskan. KPK tak perlu ragu untuk menetapkan tersangka baru, apalagi semua kesaksian telah dibabar, baik dari mantan menteri Keuangan Sri Mulyani maupun mantan Gubernur Bank Indonesia, Boediono. Jadi tak ada lagi yang perlu disembunyikan. Karena ada atau tidak tekanan politik, penyelesaian kasus ini harus tetap dilakukan, dan percepatan penyelesaiannya sekaligus akan menutup ruang kecurigaan dan prasangka publik. Selain itu, yang tak kalah pentingnya adalah merunut kemana dana bailout Rp 6,7 triliun itu mengalir. Jangan biarkan publik terlalu lama berspekulasi.

Jika indikasi korupsi itu terbukti benar, maka sangatlah ditunggu siapa giliran selanjutnya setelah Budi Mulya. Kita sangat berharap skandal Century ini tuntas sebelum Presiden Susilo Bambang Yudoyono lengser, agar perkara ini tidak menjadi beban pemerintahan baru.

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

smartorial

Rate this article

0

Log in